Senin, 21 September 2015

Apa dan Bagaimana sih Semangat Sharing, Networking and Developing KSE itu?

Salam Sharing, Networking and Developing....




Sharing, Networking and Developing, Tahu kah kalian bahwa 3 (tiga) kata tersebut mengandung arti yang sangat kuat dalam kehidupan kita sehari-hari?

hmm .... Masa? ... tidak percaya? ...


Dari pada berpikir Ghoib "Antara ada dan tiada..." alias "antara pencaya dan tidak percaya..." mendingan kita dalami saja tentang Semangat KSE "SHARING, NETWORKING AND DEVELOPING..."
yuk...


LATAR BELAKANG

Sejarah kata-kata Sharing, Networking and Developing, tercipta dari para Sepuh dan Pengurus KSE, dimana salah satu pencetusnya adalah Almarhum Budi Unggul dalam suatu Rapat KSE dan memantapkannya pada suatu tagline salah satu Event KSE. Berawal dari situlah, Sharing, Networking and Developing mulai menjadi jargon-jargon KSE dan berlanjut menjadi motto dalam kegiatan dan aktifitas yang dilakukan oleh Yayasan Karya Salemba Empat dalam menjalankan program-program beasiswanya. Tujuan utamanya motto adalah tetap berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik melalui Jalur Pendidikan. Memperluas, Menjalin dan menjaga tali silaturahmi menyatukan dan membangun Indonesia, melalui perwujudan Sharing, Networking and Developing. Setelah lama menjadi Jargon-jargon serta motto KSE, pada tahun 2010 secara resmi kata Sharing, Networking and Developing disebut sebagai Semangat KSE dalam Annual Report KSE.

DEFINISI DAN MAKNA


Sebenarnya, "Apa dan Bagaimana sih Semangat S
haring, Networking and Developing KSE itu?"
  • Sharing, adalah "Kekuatan Berbagi".
    • Menjaga terus semangat untuk berbagi, menularkan nilai-nilai budaya, nilai-nilai kebajikan dan nilai-nilai keilmuan dari Donatur Perusahaan dan Individual kepada para penerima beasiswa, dari para pengurus KSE kepada para penerima beasiswa maupun penerima beasiswa kepada masyarakat.
    • Dengan Semangat Berbagi ini, Keluarga Besar KSE berkomitmen untuk tidak sungkan dalam hal berbagi kepada sesama. Tidak hanya dari Stakeholder saja, akan tetapi dari penerima beasiswanya juga ditumbuhkan Semangat Berbagi kepada masyarakat sekitar. Dimulai dengan hal-hal kecil berbagi kepada masyarakat yang dilakukan oleh para penerima beasiswa KSE, seperti halnya hampir disemua Paguyuban Penerima Beasiswa KSE (komunitas mahasiswa penerima beasiswa KSE yang tersebar disemua Perguruan Tinggi Mitra KSE) memiliki program Bimbingan Belajar. Ada RUPIN (Rumah PIntar KSE UI), RUSA (Rumah Sahabat IPB), KABEL (Kampung Belajar USU), RUMAH GANESHA (ITB), RUJAK (Rumah Belajar Jatinangor UNPAD) dan berbagai “Rumah-rumah” lainnya yang terus berusaha berbagi ilmu secara swadaya dari mulai PAUD, TK sampai tingkat SMA, bahkan untuk tingkat SMA para Paguyuban KSE berusaha mengantarkan adik-adik untuk bisa terus menjaga mimpi mereka untuk masuk ke PTN dan bersama-sama mewujudkannya. Selain itu banyak juga program-program Bebagi Kepada Masyarakat lainnya yang mereka sebut dengan SSR (Student Social Responsibillity).
    • Kekuatan berbagi juga yang membuat banyaknya donatur yang menawarkan program Corporate Social Responsibillity (CSR) mereka untuk dikelola oleh Paguyuban KSE. Banyaknya tawaran kerjasama dari para donatur menunjukkan bahwa penerima beasiswa KSE bukan hanya mahasiswa  biasa tetapi juga mahasiswa yang memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. "Segala sesuatu yang dilakukan dengan hati pasti bisa menyentuh hati yang lain", seperti halnya yang dilakukan oleh Pendiri dan Pengurus Yayasan KSE serta Paguyuban Alumni KSE yang membantu adik-adik mereka dengan hati sehingga bisa menyentuh hati para donatur sehingga KSE dapat berkembang dan menjadi suKSEs seperti sekarang ini berkat hati-hati bersih yang terus berusaha berbagi dan menyentuh hati-hati yang lain.
  • Networking, adalah "Kekuatan Jejaring dan Pertemanan"
    • Membuka seluas-luasnya jejaring sosial antara pemangku kepentingan, Donatur, Civitas Akademika, Penerima Beasiswa, Alumni penerima beasiswa dan Mayarakat.
    • Kekuatan jejaring dan pertemanan yang begitu luas tercipta di KSE. Bisa dibayangkan jaringan yang bisa didapatkan saat tergabung menjadi keluarga Besar KSE. Bisa berinterkasi dengan 1500 sampai 1700 ... bahkan sekarang sampai 2000 mahasiswa setiap tahunnya di seluruh Indonesia lewat milis KSE, Kegiatan KSE dan Paguyuban. Belum lagi Komunitas Penerima Beasiswa yang tergabung dan tersebar di Indonesia serta Komunitas Alumni yang selalu "WELCOME" membuka tangan untuk mengajak lulusan dari beasiswa KSE untuk menjalin silaturahmi.

    • Dari Sejarah terbentuknya Yayasan KSE pun, tersirat dari ada "Networking" dari para Pendiri Yayasan yang memulai dari hanya pertemanan. Semakin lama dan semakin jauh NETWORKING berkembang dari hanya bermulai  patungan pertemanan lulusan FEUI untuk membantu dana kuliah 3 mahasiswa FEUI pada tahun 1995, KINI KSE tahun 2015, adalah Yayasan memiliki pengurus dari beragam Almamater yang sudah bermitra dengan 30 Perusahaan Besar dan Puluhan Individuals Donors untuk membantu ribuan mahasiswa di 24 PTN di Indonesia. Begitu besar jaringan yang terbangun dalam KSE, dari mulai sejarahnya dan budayanya sendiri yang tentunya banyak manfaat yang sangat luar biasa dari “Lingkaran Pertemanan” atau "Networking" ini.
  • Developing, adalah "Kekuatan untuk Membangun"
    • "Satu Hati Membangun Negeri dengan Kualitas Sumber Daya Manusia yang berkualitas" merupakan komitmen untuk melakukan penyempurnaan terus menerus untuk kinerja KSE dan komitmen untuk melakukan pembinaan bagi penerima beasiswa.  Bersama-sama untuk saling menumbuhkan semangat membangun dan mengembangkan Internal KSE, shareholder; Donatur, Civitas Akademika, Penerima beasiswa KSE, Alumni KSE dan masyarakat.
    • Yayasan KSE ingin mahasiswa-mahasiswanya tidak hanya sekedar menjadi mahasiswa penerima beasiswa yang tidak melakukan apa-apa, tetapi kami ingin mencetak mahasiswa penerima beasiswa menjadi pemimpin yang baik bagi bangsa ini sehingga nantinya kami bisa menitipkan anak-anak kami dengan tenang kepada mereka. KSE berusaha dengan keras untuk bisa menjadikan mahasiswa penerima beasiswa yang memiliki karakter pemimpin serta memiliki kepribadian dan softskill yang baik sehingga bisa membangun bangsa ini dengan baik. KSE dan Donatur terus berusaha untuk mengadakan program-program Pembinaan seperti Leadership untuk mencetak pemimpin-pemimpin yang berkarakter dan tentu saja berkualitas, Social Entrepreneurship, Profesional Development, dan lainnya.
    • Tidak hanya itu, Kekuatan untuk membangun juga dibentuk untuk memberikan rasa saling ingin mensukseskan dan membesarkan antara satu sama lain. baik itu antara KSE dengan donatur yang bersama-sama saling membangun, antara KSE dan Donatur kepada penerima beasiswa, dan sampai antar penerima beasiswanya itu sendiri. Oleh karena itu, banyak kegiatan yang dilakukan oleh para penerima beasiswa KSE yang tergabung dalam Paguyuban Penerima Beasiswa KSE untuk saling mengembangkan dan membangun, seperti program-program internal Paguyuban ; Pendampingan untuk penerima beasiswa yang memiliki masalah dengan prestasi akademik, Focus Group Disscussion, Pelatihan bahasa asing, Pelatihan karya ilmiah, Program Motivasi, Familly Gatherig, Malam Keakraban, Outbound.
    • Hal yang luar bisa yang dicapai oleh para penerima beasiswa KSE dalam Kekuatan untuk Membangun adalah, mereka berpikir untuk bagaimana melakukan hal kecil untuk manfaat yang besar untuk Masyarakat sekitar. Beberapa program dilakukan oleh penerima beasiswa KSE dalam program External Paguyuban KSE diantaranya: Desa Binaan, Budidaya Jamur, Penerapan Technology for Indonesia, Penerapan Social Entrepreneurship, Aksi Donor Darah, Penyuluhan Kesehatan, Aksi bersih-bersih kampus dan lingkungan kota, Sosialisasi cuci tangan dan sikat Gigi kepada anak-akak, dll.

Dengan Semangat KSE yang terus menerus ditanamkan pada setiap kegiatan pelatihan dan pembinaan yang dilakukan secara berkesinambungan bagi penerima beasiswa, KSE berharap mahasiswa penerima beasiswa KSE tidak hanya sukses dalam menempuh studinya saja (hard skill), akan tetapi juga dalam demonstrate quality, Emotional Intellegence, Leadership, Communication, integrity, nasional vision and patriotm, etc (Soft Skill). Oleh karena itu KSE bertekad untuk terus menggaungkan semangat Sharing, Networking and Developing ini bersema penerima-penerima beasiswa dan Alumninya.


NILAI-NILAI DAN KOMITMEN
Setelah memaparkan apa itu Sharing, Networking and Developing dalam Program dan Aktifitas KSE, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Sharing, Networking and Developing adalah suatu nilai, eksistensi dan aktualisasi diri yang dimanifestasikan melalui kepedulian tanpa kondisi, tak mementingkan diri sendiri, loyal, baik hati, memerhatikan dan apresiasi diri sendiri dan orang lain. Setelah dicermati dari definisi tersebut, diketahui bahwa makna dan tujuannya sama dengan yang diungkapkan oleh Penulis Kepemimpinan yakni Louis W. Fry, 2003 yang menyebutnya dengan Altruistic Love yang diambil dari sinonim Charity (Amal).

Apabila kita telaah kembali dari Semangat Sharing, Networking and Developing, tentunya akan menemukan titik-titik penting dari makna serta manfaatnya dengan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Akan tetapi, beberapa mahasiswa pun sering bertanya "Bagaimana cara kita mengaplikasikan semangat Sharing, Networking and Developing?" dan "Apa sih manfaatnya Sharing, Networking and Developing?". Nah, Coba kita jelaskan dengan cara BREAK DOWN kembali makna dari Sharing, Networking and Developing..

Menjawab Pertanyaan "Bagaimana cara kita mengaplikasikan semangat Sharing, Networking and Developing?", tentunya kita harus melakukan BREAK DOWN dari Semangat KSE tersebut disertai dengan menerapkan nilai-nilai dan aktualisasi kepribadian untuk mendorong pribadi yang memiliki semangat Sharing, Networking and Developing. Ada 11 (sebelas) nilai-nilai kepribadian yang harus kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman. Untuk lebih memahami sembari langsung memulai mengaplikasikannya, berikut kami berikan 11 nilai-nilai serta komitmennya yang harus kalian pegang untuk menjadi sosok yang mempunyai semangat Sharing, Networking and Developing, yakni :
  1. Percaya/Loyalitas
    • Komitmen "Pada hubungan yang saya pilih, Saya setia dan mempunyai kepercayaan dan mempercayakan karakter, kemampuan, kekuatan, dan kebenaran orang lain."
  2. Memaafkan, Menerima/Bersyukur
    • Komitmen "Saya tidak terpuruk atas beban ekspetasi suatu kegagalalan, gosip, kecemburuan, kebencian atau balas dendam. Sebaliknya, saya memilih semangat dalam keleluasaan hati untuk memaafkan melaui penerimaan dan bersyukur.  Hal tersebut itu, membebaskan saya dari keburukan diri sendiri seperti egois, ketololan diri sendiri, menilai jelek orang lain, dendam, dan kemarahan (emosi). Dengan ini dapat memberikan saya ketentraman, kedamaian, kebahagiaan dan perdamaian."
  3. Integritas
    • Komitmen "Saya berjalan pada Jalan dan berkata. Saya berkata apa yang saya lakukan dan melakukan apa yang saya katakan".
  4. Kejujuran
    • Komitmen "Saya mencari kebenaran. Saya bahagia didalamnya. dan Saya mendasarkan tindakan saya berdasarkan hal itu".
  5. Keberanian
    • Komitmen "Saya mempunyai keteguhan pikiran dan akal, dan kekuatan mental serta moral untuk mempertahankan moril saya dan berhasil di depan dengan menyisihkan kesulitan, oposisi, ancaman, bahaya dan ketakutan".
  6. Kerendahan Hati
    • Komitmen "Saya rendah hati, santun dan tanpa kebanggan palsu. Saya tidak cemburu, kasar atau arogan. Saya tidak menyombongkan diri".
  7. Kebaikan Hati
    • Komitmen "Saya berhati hangat, baik budi, penyayang, simpatik terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain".
  8. Empati / Perasaan Haru
    • Komitmen "Saya membaca dan memahami perasaan orang lain. Jika orang lain menderita, saya memahami dan ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat terhadapnya"
  9. Sabar / Lembut Hati / Kesabaran
    • Komitmen "Saya dapat menahan cobaan dan/atau kesakitan dengan tenang tanpa keluhan. Saya akan terus dan tetap pada setiap tujuan, ide, atau tugas dalam menghadapi setiap hambatan dan keputusasaan. Saya selalu berjuang dan semangat dalam setiap proyek atau langkah yang saya mulai. Saya tidak pernah berhenti karena feedback buruk, oposisi, putus asa, penderitaan, nasib buruk".
  10. Terbaik
    • Komitmen "Saya berusaha dengan keras untuk menjadi yang terbaik. dan Saya mengakui, gembira dan menghargai upaya baik dari teman-teman atau kolega saya".
  11. Menyenangkan
    • Komitmen "Kegembiraan, senang bermain, dan aktifitas harus ada untuk menstimulasi pikiran dan membawa kegembiraan ke tempat orang bekerja / aktifitas . Karena itu saya memandang aktifitas dan kerja tidak menakutkan. Sebaliknya, sebagai alasan untuk tersenyum dan mempunyai hari yang menyenangkan bersama orang lain atau melayani orang lain".
Dari nilai-nilai dan komitmen tersebut, pertanyaan "Apa sih manfaatnya Sharing, Networking and Developing?".

Jawabannya ada pada diri rekan-rekan masing-masing apakah secara personal sudah menjadi pribadi yang mengaplikasikan 11 nilai kepribadian diatas?

Jika ya sudah.. Rekan-rekan adalah Jagonya Sharing, Networking and Developing... serta tentunya orang yang anti Stess...
Jika Belum... Semangat terus untuk melengkapi nilai-nilai yang belum rekan-rekan aplikasikan. DAN jangan di Tunda-tunda... MULAILAH dari SEKARANG.... dan RASAKAN manfaat yang luar biasa dari Sharing, Networking and Developing.

Pertanyaan Saya... Berani MENGAPLIKASIKANNYA ??? Oke kami Tunggu...

"Tidak Perlu Media, Iklan dan Publikasi besar-besaran untuk KSE menjadi Besar, TAPI KSE butuh Penerima Beasiswa dan Alumni yang HEBAT untuk Membesarkan KSE"

Salam Sharing, Networking and Developing.....

-- 
Best Regard's
Yayasan Karya Salemba Empat
Jalan Bank Raya II No.14 B
Kel. Pela Mampang, Kec. Mampang Prapatan
Jakarta Selatan 12720
Telp. (021) 7182191 / 2, Fax. (021) 7182190
Website. www.karyasalemba4.org

Bagikan

Jangan lewatkan

Apa dan Bagaimana sih Semangat Sharing, Networking and Developing KSE itu?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.